ADAM DAN DOSA WARIS

Doktrin Kristen Trinitarian:
Mengapa kita harus kuatir terhadap Adam dan apa yang telah terjadi kepadanya? Sebabnya ialah karena Adam adalah kepala semua umat manusia. Adam berbeda dari orang-orang lain karena ia adalah manusia pertama yang menjadi sumber (asal usul) seluruh umat manusia. Oleh karena itu apa yang terjadi kepada Adam akan mempengaruhi seluruh umat manusia, termasuk Anda dan saya. Tuhan tidak menciptakan berjuta-juta manusia untuk memenuhi bumi. Ia hanya menciptakan satu orang manusia saja yaitu Adam. Dari dialah seluruh umat manusia berasal. Karena itu, Tuhan melihat semua umat manusia sebagai orang-orang yang berada DI DALAM ADAM. Bagaimanakah kita sampai berada di dalam Adam? Melalui kelahiran. Semua yang dilahirkan ke dalam keluarga manusia berada DI DALAM ADAM. Apakah maksud berada di dalam Adam itu? Berada di dalam Adam berarti turut ambil bagian di dalam segala keberadaan Adam dan segala perkara yang dilakukannya. Ada beberapa fakta yang benar-benar terjadi pada setiap orang. Fakta-fakta itu membuktikan bahwa kita berada di dalam Adam, yaitu a.l.:
1. Ia telah terpisah dari kehidupan Tuhan.
2. Ia berada dalam kerajaan kegelapan.
3. Ia adalah orang yang berdosa.
4. Ia berada di bawah kuasa dosa.
5. Ia berada di bawah hukuman berat.

Tanggapan kami:
Jika semua manusia berada di dalam Adam dan ikut mewarisi dosa Adam sehingga ia berada dalam lima keadaan tersebut, berarti Yesus pun demikian. Sebab Yesus juga keturunan Adam. Jika Anda membaca Matius 1:1-16 dan Lukas 3:23-38, maka akan Anda dapati silsilah Yesus hingga ke Adam. Berarti Yesus juga di dalam Adam dan telah terpisah dari kehidupan Tuhan, berada dalam kerajaan kegelapan, orang berdosa, di bawah kuasa dosa, dan di bawah hukum berat. Jika Anda menolak hal ini, maka seharusnya Anda juga menolak dosa asal. Dan dosa asal ini, sebagaimana telah kami jelaskan sebelumnya, adalah doktrin yang dikarang-karang oleh manusia sesat.

Doktrin Kristen Trinitarian:
Dosa memisahkan manusia dari Tuhan. Ketika Adam berdosa, ia terpisah dari kehidupan Tuhan. Terpisah dari kehidupan Tuhan berarti mati secara rohani. Dosa Adam yang menyebabkan kematian rohani ini tidak hanya menimpa dirinya saja melainkan juga seluruh umat manusia. Semua manusia telah terpisah dari kehidupan Tuhan. Mengapa? Karena semua manusia berada DI DALAM ADAM.

Tanggapan kami:
Yesus sering menyebut dirinya dengan anak manusia. Yesus juga manusia, Yesus juga di dalam Adam, maka Yesus juga terpisah dari kehidupan Tuhan. Yesus adalah orang yang mati secara rohani. Anda tentu menolak hal ini, yang berarti Anda juga harus menolak doktrin dosa waris. Sebab doktrin dosa waris, bagaimana pun juga, akan berpengaruh kepada setiap manusia termasuk Yesus.

Doktrin Kristen Trinitarian:
Ketika Adam memberontak terhadap Tuhan, ia telah memihak kepada Setan, pemberontak yang pertama itu. Dia telah masuk ke dalam kerajaan kegelapan, yang mana Setan adalah pemerintahnya. Oleh karena itu, Adam berada di bawah kuasa Setan. Karena Adam adalah kepala dari umat manusia, maka dia telah membawa semua umat manusia ke dalam kerajaan kegelapan. Jadi semua manusia keturunan Adam berada dalam kerajaan kegelapan.

Tanggapan kami:
Orang Kristen Trinitarian tentu menolak mengakui bahwa Yesus berada dalam kerajaan kegelapan. Padahal Yesus juga manusia, keturunan Adam, berarti dia juga di dalam Adam, dan tentu saja telah berada dalam kerajaan kegelapan. Dosa waris ini telah melecehkan Yesus, para nabi, dan semua manusia. Paulus dengan arogannya mengatakan bahwa semua manusia adalah bersalah dan jahat serta terkutuk sejak lahirnya. Tidak ada manusia yang benar. Bahkan bayi yang lahir kemudian mati pada hari pertamanya, dianggap bahwa dia telah menjadi pengikut Setan dan berada dalam kerajaan kegelapan. Sungguh doktrin yang kejam.

Doktrin Kristen Trinitarian:
Ketika Adam pertama diciptakan Tuhan, Adam adalah manusia yang mengutamakan Tuhan. Ia mengasihi Tuhan dan ingin melakukan kehendak-Nya. Tuhan adalah Raja yang bertakhta di hatinya. Namun ketika Adam berdosa, perubahan terjadi dalam hatinya. Ia sekarang lebih mengutamakan dan melakukan kehendak dirinya sendiri daripada mengasihi dan melakukan kehendak Tuhan. Tuhan tidak lagi memerintah sebagai Raja dalam hatinya. Adam sekarang memiliki sifat dosa.

Sifat dosa dan sikap mementingkan diri sendiri ini kemudian diturunkannya kepada anak-anaknya. Alkitab mengatakan bahwa Adam mempunyai seorang anak laki-laki “menurut gambar dan rupanya” (Kej. 5:3). Adam sendiri diciptakan menurut gambar dan rupa Tuhan namun ia telah melahirkan anak yang menuruti gambar dan rupanya yang berdosa. Pembunuhan yang dilakukan Kain terhadap adiknya menunjukkan bahwa sifat dosa telah berkuasa pada keturunan Adam dan Hawa. Akibat atau pengaruh dosa Adam ini tidak hanya berlaku terhadap anak-anak Adam saja. Adam adalah kepada seluruh umat manusia. Ia telah menurunkan sifatnya yang berdosa itu kepada seluruh umat manusia. Ketidaktaatan Adam telah menyebabkan seluruh umat manusia berdosa. Roma 5:19 mengatakan: “Oleh ketidaktaatan satu orang, semua orang telah menjadi berdosa.”

Tanggapan kami:
Yesus adalah keturunan Adam, berarti dia juga merupakan citra Adam yang berdosa. Yesus juga orang berdosa menurut doktrin dosa waris. Sungguh doktrin yang harus ditolak oleh orang-orang yang berakal budi. Apakah bayi Anda yang baru lahir itu adalah bayi yang telah mempunyai dosa? Ini adalah dusta yang besar. Suatu dusta untuk menutupi kedengkian orang-orang yang menginginkan penyaliban atas Yesus.

Doktrin Kristen Trinitarian:
Oleh karena manusia sudah berdosa, maka mereka berada di bawah kuasa dosa. Yohanes 8:34 mengatakan: “Setiap orang berbuat dosa, adalah hamba dosa.” Di dalam kerajaan kegelapan, dosa memerintah sebagai raja dan semua manusia yang berada di dalamnya berada di bawah kuasa dosa.

Tanggapan kami:
Apakah Anda akan berkata bahwa Abraham, Ismael, Ishak, Yusuf, Daud, dan Yesus adalah orang-orang yang berada dalam kuasa dosa? Ini adalah pelecehan yang sangat besar di sisi Tuhan.

Doktrin Kristen Trinitarian:
Dosa masuk ke dalam dunia melalui satu orang yaitu Adam dan kematian terjadi sebagai akibat dosa itu. Alkitab mengatakan:

‘Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia melalui satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. Roma 5:12

Setelah kematian akan datang hukuman. Setiap orang yang belum diselamatkan akan dihakimi dosa-dosanya. Alkitab mengatakan, “Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja dan sesudah itu dihakimi.” Ibrani 9:27

Setiap orang yang BERADA DI DALAM ADAM adalah bersalah di hadapan Tuhan. Ada orang berpikir bahwa mereka akan diterima oleh Tuhan sebagaimana keadaan mereka. Pikiran Tuhan tidaklah demikian. Tuhan mengatakan sebaliknya. Ia mengetahui isi hati manusia. Mengenai semua manusia keturunan Adam, Tuhan berkata dalam FirmanNya:

“Tidak ada yang benar, seorangpun tidak. Tidak seorangpun yang berakal budi, tidak ada seorangpun yang mencari Tuhan. Semua orang telah melanggar, mereka semua tidak berguna. Tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Tuhan.” Roma 3:10-12, 23

Sekarang baru kita mengetahui mengapa Alkitab mengatakan, “Kamu harus dilahirkan kembali….” Mengapa setiap orang harus dilahirkan kembali? Karena setiap orang telah dilahirkan sebagai manusia yang berdosa dan berada di bawah hukuman Tuhan.

Tanggapan kami:
Doktrin dosa waris telah menempatkan semua manusia, termasuk Yesus, sebagai orang terkutuk, orang hukuman, orang yang sejak lahirnya telah celaka, tidak berakal budi, orang yang tidak benar, orang durhaka, orang tidak berguna. Bagaimana mungkin Anda menyebut bayi suci yang baru lahir sebagai orang yang tidak benar dan durhaka kepada Tuhan? Doktrin ini tidak pernah diajarkan oleh Yesus. Ini hanyalah sesuatu yang dikarang-karang oleh si jahat untuk menipu dan menyesatkan manusia. Si jahat yang suka merampas Injil dan memutarbalikkan firman Tuhan.

Doktrin ini, dengan begitu keji, telah menempatkan Adam sebagai orang yang begitu hina. Doktrin ini tidak melihat ketaatan Adam sama sekali. Doktrin ini hanya mengajarkan manusia untuk bernegatif thinking terhadap Adam dan semua manusia. Doktrin ini hanya melihat Adam dan semua manusia sebagai orang berdosa, durhaka, dsb. Doktrin ini sama sekali tidak menghargai betapa Adam telah menyesal dan bertobat. Doktrin ini sama sekali tidak menghargai betapa para nabi dan orang beriman telah merasakan penderitan dalam mentaati Tuhan. Doktrin ini membuat manusia lupa betapa Nuh telah rela dimusuhi bangsanya demi mengajarkan jalan lurus. Doktrin ini telah membuat manusia lupa betapa Abraham telah rela berhadapan dengan bapaknya dan kaumnya demi mengesakan Allah, dan telah rela mengorbankan anak kesayangannya, Ismael, demi memenuhi perintah Tuhan. Doktrin ini telah membuat manusia lupa betapa Musa telah rela berhadapan dengan Firaun demi mengikuti perintah Tuhan. Doktrin ini telah menutup mata manusia atas kesabaran Ayub dalam menghadapai pencobaan. Apakah itu semua perbuatan tidak benar? Apakah itu semua tidak berguna? Apakah itu semua perbuatan durhaka?

Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri wahai Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh, agar Dia menanyakan kepada orang-orang yang benar tentang kebenaran mereka dan Dia menyediakan bagi orang-orang kafir siksa yang pedih. [QS. Al-Ahzab (33): 8]

Orang-orang yang berkata bahwa di dalam Adam tidak ada kebenaran dan setiap orang yang berada di dalam Adam adalah bersalah di hadapan Tuhan, sebenarnya mereka itulah anak-anak Iblis.

Iblislah bapamu, dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab dia adalah pendusta dan bapa segala dusta. [Yoh. 8:44]

19 Komentar »

  1. nandy said

    Dosa waris?

    Hakim yang sesungguhnya adalah Allah, dan predikatnya adalah Maha Adil,
    Jika belum apa apa lahir di dunia tiba tiba dapat warisan dosa apa di sebut adil tuh, dan Allah tahu itu.
    Allah akan menghukum karena perbuatannya dan akan memberi karunia karena perbuatannya.

    Fair kan ?

    • danny g said

      Ngak Fair dong Nandy, masak ayah berdosa menikah dengan ibu yang berdosa lahir anaknya suci, la suci dari mana wong sumbernya berdosa. Lebih masuk akal jika ayah suci menikah dengan ibu suci lahir anak yang suci, ini baru fair.

      Yang di maksud dosa asal/ waris bukan anak menanggung dosa ayah/ ibunya atau nenek moyangnya, dosa ditanggung masing-masing pribadi. Dosa asal adalah berbicara soal keberadaan, orang yang berdosa keberadaannya di alam dosa, semua yang dikerjakannya selalu dalam keberdosaannya, termasuk bayi yang dilahirkan ada dalam keberdosaan. Artinya terpisah dari Allah dan hidup dibawah kuasa dosa, jadi bukan karena menanggung dosa orang lain.

      Karunia Allah bukan hasil perbuatan kita, kalo hasil perbuatan kita namanya upah/ pahala. Karunia, Rahmat, Anugerah diberikan kepada manusia dimana manusia itu sebenarnya tidak layak menerimanya, tetapi karena kasih-Nya Allah mengaruniakan kepada kita pengampunan dosa.

  2. muslimah said

    Allah maha adil. Apabila dosa waris itu memang benar2 ada bukankah kita dapat berfikir dengan jernih bahwa sifat Tuhan itu pendendam? astaghfirullah.. Berfikirlah dengan hati dan juga akalmu,insyaAllah kamu akan mendapatkan jawabannya.
    Allah bless you all,amin

  3. Lukas said

    Ya ampun yang kasih komentar bodoh-bodoh sekali ya. Ya jelas Trinitarian benar lah. Pandangan elu yang bodoh terlalu menyamakan Yesus dgn manusia biasa. Memang Yesus menjadi manusia tapi ingat Yesus adalah Allah yang menjelma jadi manusia, jadi meskipun Ia manusia Ia tetap Allah. Masak gitu aja kagak ngarti. Bego banget sih… Tujuan Yesus dtg ke dunia utk tebus manusia. Manusia tebus manusia itu adil. Krn itu diperlukan mns yg tanpa dosa utk tebus kita yg berdosa. Syarat Juruselamat: 100% Allah, 100% manusia, tanpa dosa. Hanya Yesus yang bisa, semua nabi dan rasul tidak bisa selamatkan mns krn dirinya sendiri aja berdosa. Lu ngerti kan? Kalo kagak ngarti berarti lu LEMOT.

    • muhammad yasir said

      kalau memang tujuan yesus(allah yg menjelma jd manusia) di utus kedunia untuk menebus dosa manusia, apakah dia lupa menebus dosa warisan…? yg harus ditanggung manusia sampai saat ini….?

      • dona said

        Justru konsep penebusan dosa oleh Yesus kristus adalah untuk menyelesaikan dosa asali/ akar dosa manusia dan. Dan Dia sudah menyelesaikan seluruh tuntutan Hukum Taurat, lunas dikayu salib, demi menebus seluruh hutang-hutang dosa manusia. Salib adalah Lambang kutuk, sehingga tidak ada dosa yang tidak diselesaikan oleh Yesus Kristus dikayu salib. Konsep penebusan dosa inilah yang membenarkan manusia yang berdosa menjadi manusia yang dibenarkan oleh Firman Allah. Inilah yang menjadi dasar Theologis, adanya jaminan pengampunan dosa dan kepastian akan keselamatan hidup kekal. Sehinngga ketika manusia yang tidak sempurna itu, alfa, jatuh ke dalam dosa, dan mau bertobat, maka jaminan pengampunan itu tersedia bagi mereka yang percaya padanya. Apakah ada jaminan pengampunan dosa didalam ISlam??? saya yakin tidak, karena islam menanggap tidak semua manusia berdosa. Ini suatu anggapan yang menyesatkan, karena ketika mereka berbuat dosa, mereka akan meyakini pengampunan darituhan itu berdasarkan rekaan hati dan perasaaan semoga tuhan mengampuni. pemahaman ini sungguh sangat menyesatkan!. Diluar anugerah pengampunan yang telahdiletakan oleh YAsu Almasih, semua manusia akan mati binasa, sebesar apapun perbuatan amal ibadah kebaikan selama didunia. Karena konsep keselamatan bukan berdasrakan standar yang manusia gunakan tapi standard yang telah Allah tetapkan bagi manusia

    • danny g said

      Lukas kalo komentar yang sopan lah, klo mereka kagak ngerti jelasin dengan penuh kasih katanya orang kristen koq kasar komennya.

  4. Yulfentri Munaf said

    Dosa waris itu dusta para pengarang injil, Hawa pernah di kutuk Allah, Akan bersusah payah selama mengandung dan akan merasakan sakit saat melahirkan, jika memang dosa waris tersebut sudah di tebus Yesus, adakah wanita Kristen yang sudah terebebas dari kutukan tersebut, mengapa hingga saat ini kesakitan saat melahirkan masih dirasakan?

  5. wawa said

    Yang ngarang nih artikel siapa sih ya?? bego banget si… hihihi…

    Yesus itu keturunan Adam hanya secara silsilah, bukan secara daging, secara Yesus lahir bukan dari benih Maria dan Yusuf… Maria dan Yusuf belum pernah berhubungan sex pada saat dan sebelum Maria hamil mengandung bayi Yesus…..

    Jadi Yesus tidak mewarisi dosa asal (tabiat/kecenderungan utk berdosa) dari Adam ..

    Lain kali belajar dulu alkitab sebelum bikin karangan ga mutu begini.. cuman membodohi umat dan bikin makin tersesat saja ..hahahaha…

    • wawa said

      buat nambahin….

      YEsus lahir dari Roh Kudus… bukan dari keinginan daging manusia (persetubuhan)…. Al Quran dan Hadits juga bilang begitu kan?? masa ga tahu…. ngakak…..

      Isa Almasih itu lahir dari Roh Kudus …. jadi tidak mewarisi Dosa dari Adam …

      Ngertos??

      • Mahesa said

        Klo bgtu silsilah dari keturunan Yesus dari Yusuf sangat keliru ya!! Coba liat di perjanjian baru silsilah Yesus.

  6. wawa said

    Soal bhw Ibrahim, Ishak, Yakub, Musa, Daud… dsb berdosa… itu bukan pelecehan…. krn Alkitab / Firman Allah mengatakan begitu…. masak iya bangsa israel/umat yahudi mau menjelek-jelekkan nenek moyang dan nabi2 mereka sendiri… pakai logika dunk…

    Justru andalah yg harus membuktikan dulu bhw Ibrahim, Ishak, Yakub dan nabi2 lainnya memang TIDAK PERNAH BERDOSA…. kalau anda bisa buktikan, baru boleh anda melontarkan tuduhan “Pelecehan thd Nabi2″ tsb….

    Kalau tidak bisa buktikan, tp melontarkan tuduhan… itu apa namanya jika bukan FITNAH??

    Bukankah Nabi SAW sendiri mengatakan bhw FITNAH lebih kejam dari pembunuhan??

  7. dosa tanggung sendiri2 :)

    Yehezkiel 14:10 Semua nabi palsu dan orang munafik — yaitu orang-orang jahat yang berkata bahwa mereka merindukan firman-Ku, padahal tidak — akan menanggung sendiri akibat segala dosa mereka,

    Yehezkiel 18:20 Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya.

    Yehezkiel 33:10 Dan engkau anak manusia, katakanlah kepada kaum Israel: Kamu berkata begini: Pelanggaran kami dan dosa kami sudah tertanggung atas kami dan karena itu kami hancur; bagaimanakah kami dapat tetap hidup?

    Imamat 5:1 Apabila seseorang berbuat dosa, yakni jika ia mendengar seorang mengutuki, dan ia dapat naik saksi karena ia melihat atau mengetahuinya, tetapi ia tidak mau memberi keterangan, maka ia harus menanggung kesalahannya sendiri.

    Imamat 5:17 Jikalau seseorang berbuat dosa dengan melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN tanpa mengetahuinya, maka ia bersalah dan harus menanggung kesalahannya sendiri.

  8. agus widodo said

    kenapa harus berkerasan yesus itu Allah atau bukan dari pada repot repot mendingan percaya kepada Allah aja ya pasti Allah tho…?

    dari pada meyakini yesus jelmaan Allah kan belum tentu .? karena di kitab Injil aja gak pastikan yesus sama dengan Allah.

    misal Bapa dan aku adalah satu ini perkataan yang gak jelas coba kalau perkataanya Bapa sama dengan aku ini baru jelas.

    yesus duduk disebelah kanan Bapa di surga …..? aneh

    yesus waktu disalib bapa jangan tinggalkan aku…..? bapa yang mana lagi kalau yesus sama dengan Bapa?

  9. paijo bukan paulus said

    DOSA WARIS ITU BUKTI KESESATAN KRISTEN..

  10. cinta said

    manusia yang terlahir dari daging atau di bentuk dr debuh tanah berdosa
    tapi yesus tidak berdosa krna ia terlahir dr rohul kudus
    dalam arti yesus lahir dr air dan roh
    sedangkan manusia dr daging

  11. cinta said

    sebenarnya yesus itu sudah ada sejak bumi ini d bentuk namun ia dtng ke dunia hanya untuk menyelamatkan jiwa manusia
    berati yesus itu tdk berdosa krna ia tdk berasal dr bumi,melaingkan ia brasal dr surga,dan dtng ke dunia dlm wujud manusia melalui rahim ibu maria,jdi ia hanya sebgai garis keturan dr yusuf tapi ia bukan brasal dr tunan adam

  12. djoko said

    ini memang kerjanya org yg tdk nyaman dengan imannya sendiri,shg dia butuh utk menjatuhkan iman org lain baru merasa percaya diri….hehehe islam..islam???

    dosa waris pengertiannya om,bukannya semua dosa adam dan leluhur kita,kita yg mikul,akan tetapi pengertiannya adalah manusia adam sejak kejatuhannya dlm dosa(awalnya adam suci),mewariskan kecenderungan utk berbuat dosa bagi keturunannya yaitu kite2 manusia….jika anda2 sdh punya anak coba perhatikan sejak anak umur 1 hari sampai kr2 ..5 thn sajalah…coba perhatikan,saat dia mulai bisa bicara atau berinteraksi,maka dia sdh bisa berbohong tanpa ada yg ngajarin,atau mukul teman mainnya…nah kecenderungan berbuat/berdosa inilah yg kita warisi dari adam…ini yg dimaksud dosa waris om….jangan terlalu bodoh jadi orang…makanya dikatakan semua manusia pasti ada dosanya…jika anda bertanya bgm dgn bayi yg baru lahir terus mati??tentunya dia ttp mewarisi kecenderungan berbuat dosa dr adam,ttp Allahpun tahu bahwa bayi belum melakukan dosa…dan pasti masuk surga…menurut kesaksian org2 yg pernah dibawa kesurga(silahkan dicari di internet),bayi bayi hasil aborsipun dipelihara oleh yesus disurga….ingat saudara, Allah/yesus itu adalah Tuhan yg maha adil shg nda mungkin dia menghukum bayi2 yg belum melakukan dosa..yg dimaksud manusia yg berdosa disini adalah manusia yg sudah mulai melakukan dosa sehingga membutuhkan penebus…dan sekali lagi jika manusia sdh bisa berbicara dan berinteraksi maka pasti pernah berbuat dosa…termasuk anda dan saya….sehingga memerlukan penebus yaitu yesus kristus…

  13. andi marda said

    begitu banyak metode untuk melegalkan dosa waris,,,logika nya aja,,yesus keturunan adam,,andai benar dia di baptis sejak 8 hari dan disunat,,apakah pembaptisan itu menutupi dosa waris nya???,,ber arti dia manusia,,,kalau dia tuhan untuk apa di baptis??

    Kemudian,,yesus mati di tiang salib,,apakah di sengaja atau memang di zalimi ??,,kalau memang dia yesus’di takdirkan untuk menebus dosa,,mengapa dia melewati waktu dunia ini begitu lama,,maksudnya,,kan yesus dikala bayi bisa ngomong,,mengapa dia tidak bertindak untuk menyuruh membunuhnya???

    Mengapa ada konspirasi yahudi dan pemerintahan Romawi yesus baru di habisi???,,,aneh kan

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: