ALLAH BUKAN YESUS

1. Yesus dan Bapa adalah dua Pribadi, bukan satu pribadi; berdasarkan Yoh. 8:17-18.

2. Yesus tidak pernah menyebut dirinya Allah, bahkan dia menyebut Bapa sebagai Allah dan satu-satunya Allah yang telah mengutus dia. Lihat Yoh. 17:3.]

3. Yesus adalah yang diurapi Allah berdasarkan Kis. 10:38. Apakah yang diurapi itu sama dengan yang mengurapi? Dan Roh Kudus sebagai ‘minyak’, apakah sama dengan yang mengurapi dan yang diurapi?

4. Yesus adalah Rasul dan Imam Besar berdasarkan Ibrani 3:1. Yesus sebagai Rasul yang diutus dan sebagai Imam besar tidak bisa menjadi Allah. Yesus adalah Rasul yang setia sebagaimana Musa, seorang manusia biasa yang dipilih Allah untuk menjadi Rasul. Lihat Ibr. 3:2; Yoh. 5:36.

5. Yesus adalah penyampai pesan Allah Yang Esa kepada manusia berdasar 1 Tim. 2:5.

6. Yesus adalah pembela orang beriman, maka ia berbeda dengan Allah, yang kepada Allah ia mengutarakan pembelaannya atas orang-orang beriman. Dan Yesus sebagai yang mati tentu berbeda dengan Allah. Lihat Roma 8:34.

7. ‘Kepala’ Yesus adalah Allah, maka Yesus berbeda dengan Allah. Jika Yesus sama dengan Allah, maka semua perempuan = semua laki-laki = Yesus = Allah. berarti kita semua adalah Allah. Lihat 1 Korintus 11: 3.

8. Yesus adalah milik Allah. Yang Memiliki tentu berbeda dengan yang dimiliki. Lihat 1 Kor. 3:23.

9. Yesus berkata bahwa Bapanya lebih besar dari siapa pun. Dan Bapa lebih besar dari Anak. Maka Yesus bukan Allah. Lihat Yoh. 10:29; 14:28.

10. Yesus menolak untuk disebut atau disamakan dengan Allah berdasarkan Mat. 19:17, untuk lebih jelas lagi, lihat versi Inggris dari Alkitab. Itu pun kalau Anda percaya kepada Alkitab versi Inggris.

11. Yesus menyebut Bapa sebagai Allah berdasarkan Yohanes 20: 16. Maka Yesus bukanlah Allah, mana mungkin Yesus adalah Allah sedangkan dia menyebut Bapa sebagai Allahnya, yang dia sembah, dan sebagai Allah Kristian. Bapa itulah -dan bukannya Yesus- Allah Kristian.

12. Allah itu tidak mati dan tidak tampak (1 Tim. 6:16; Yoh. 4:24), sedangkan Yesus adalah mati dan terlihat oleh manusia (Lukas 24:39).

13. Hanya ada satu Allah, tetapi manusia menjadikan yang lain sebagai allah. Lihat 1 Kor. 8:5-6.
Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, … dan satu tuan (lord) saja, yaitu Yesus. [1Kor. 8:6]

14. Kekuasaan Yesus adalah pemberian, bukan dari dirinya sendiri. Lihat Mat. 28:18; 9:8. Yesus hanya manusia yang diberi kuasa. Keajaiban dan mukjizat Yesus adalah dari Allah, sebagaimana Yohanes juga telah mendapatkan keajaiban dan kekuatan dari Allah, bukan dari dirinya sendiri. Lihat Matius 21:23-27,12:28; Mark. 11: 27-33; Luk. 20:1-8; Yohanes 14:10.

15. Yesus melakukan keajaiban-keajaiban dengan Nama Bapa, bukan dengan kekuatannya sendiri. Lihat Yohanes 10:25.

16. Doktrin yang diajarkan Yesus bukanlah berasal darinya, tetapi doktrin dari Allah yang mengutus dia. Yesus hanyalah utusan Allah yang mengajarkan doktrin dari Allah. Lihat Yohanes 7:16-17.

17. Yesus hanya mengikuti instruksi dari Bapa. Lihat Yohanes 8:28. Yesus hanya pesuruh Allah.

18. Hidup dan kuasa Yesus adalah pemberian Bapa. Yohanes 5:26-27.

19. Pengetahuan Yesus bergantung pada Bapa. Lihat Yohanes 5:19-20.

20. Yesus tidak menyeru manusia agar menghormatinya, tetapi agar menghormati Bapa. Lihat Yohanes 8: 49-50.

21. Yesus bukanlah Allah/Bapa. Sebab Yesus berkata: “Jikalau aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikit pun tidak ada artinya. Bapakulah yang memuliakan aku, yang mana kamu berkata: Dia adalah Allah kami.”. Lihat Yohanes 8:54. Yesus tidak merasa pantas untuk mengangkat dirinya. Akab tetapi dia tahu bahwa Bapa telah memilih dia. Yesus tidak mungkin Allah. Sebab Allah pantas untuk mengangkat dan mengagungkan dirinya sendiri.

22. Yesus tahu bahwa ia datang bukan atas kehendaknya sendiri, dia adalah milik Allah, datang dari Allah dan kepada Allah ia akan kembali. Kita juga demikian, kita semua adalah milik Allah, dalam kekuasaan Allah, kita datang dari Allah, dan akan kembali kepada Allah untuk mempertanggungjawabkan perbuatan kita. Lihat Yohanes 8:42; 7:28; 13:3. Adapun orang-orang durhaka dan ingkar, mereka adalah pengikut-pengikut Iblis. Mereka adalah anak-anak Iblis. Mereka adalah partai Iblis. Bukan partai Allah.

23. Yesus menyangkal bahwa ia memiliki kemahakuasaan. Dia berkata: “Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendiri.” [Yoh. 5:30]

24. Yesus menyangkal bahwa ia memiliki kemahatahuan. Dia berkata: Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan anak pun tidak, hanya Bapa sendiri. [Matius 24: 36; Markus 13:32].

25. Yesus pernah dicobai Iblis (Mat. 4:1; Ibr. 2:18; 4:15), sedangkan Allah tidak mungkin dicobai Iblis. “Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat.” [Yakobus 1:13]

26. Yesus adalah manusia dan anak manusia (Kis. 2:22 dan Luk. 22: 69). Sedangkan “Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta. Bukan anak manusia, sehingga ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?” [Bilangan 23: 19]

27. Yesus berdarah-daging (Lukas 24:39). Sedangkan Allah itu Roh/Spirit (Yohanes 4:24)

28. Yesus berubah, tumbuh (2:52). Sedangkan Allah tidak berubah. “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” [Yakobus 1:17]

29. Yesus tidak kekal, Yesus nampak, Yesus mati (1 Korintus 15:3). Yesus bukan Allah. “Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.” [1 Timotius 1:17] (Berdasar Yeremiah 10:10 Yahweh adalah Raja segala zaman, bukan Yesus)

30. Yesus merasakan letih (Yohanes 4:6). Seangkan “Tuhan Ialah Allah Kekal Yang Menciptakan bumi dari ujung ke ujung. Ia tidak menjadi lelah dan tidak lesu.” [Yesaya 40: 28]

31. Dalam Lukas 6:12 dikatakan bahwa Yesus berdoa kepada Allah. Jika Yesus itu Allah mengapa ia harus berdoa semalaman. Jika Yesus itu Allah, dia cukup berbuat apa yang dia kehendaki. Maka nyatalah bahwa Yesus bukan Allah. Yesus berdoa kepada Allah dan takluk kepada Kehendak Allah.

32. Yesus mengucapkan syukur kepada Bapa yang telah mendengarkan dia. Bapa, aku mengucap syukur kepadaMu, karena Engkau telah mendengarkan Aku [Yohanes 11:41] Jika Yesus adalah Allah, mengapa ia bersyukur kepada Bapa? Dan mengapa Yesus ingin agar mereka percaya bahwa Bapalah yang telah mengutus Yesus? Maka ini menunjukkan, bahwa Yesus tidak pernah berkata kepada orang Israel bahwa dirinya adalah Allah. Dia justeru berkata bahwa dia adalah utusan Allah, akan tetapi orang Israel tidak semuanya percaya bahwa Yesus adalah utusan Allah.

33. Dalam Matius 9:2,3,8 kita dapat melihat bahwa orang Israel membedakan antara Yesus dan Allah. Dan orang-orang memandang kagum akan mukjizat serta memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa kepada Yesus, seorang manusia.

34. Dalam Yohanes pasal 17, Yesus menunjukkan bahwa Bapa adalah satu-satunya Allah yang benar, adapun Yesus hanyalah utusan Allah [ayat 3], Yesus adalah pengemban tugas dari Allah [ayat 4], orang Israel yang beriman menuruti firman Bapa, bukan perkataan Yesus [ayat 6], semua yang diberikan kepada Yesus berasal dari Bapa, bukan dari dirinya sendiri [ayat 7], Yesus hanya menyampaikan firman Allah kepada orang Israel, dan orang Israel yang beriman telah percaya bahwa Bapalah yang telah mengutus Yesus [ayat 8]. Adapun kata-kata ‘supaya mereka menjadi satu sama seperti kita,’ maksudnya adalah bahwa ‘mereka menjadi satu kesaksian yaitu sama-sama mengakui bahwa Bapa adalah satu-satunya Allah yang benar, dan Yesus adalah utusan Allah,’ bukannya ‘agar mereka sama menjadi Allah’ [ayat 11, 21,23]. Yesus juga meminta kepada Bapa, agar setelah Yesus meninggalkan mereka, Bapa berkenan untuk menjaga mereka agar tetap dalam keimanan yang lurus. Sebab selama Yesus masih di dunia, mereka adalah tanggungjawab Yesus karena Bapa telah menyerahkan mereka kepada Yesus, tapi kini Yesus akan pergi dari dunia kepada Bapa. Maka Yesus mengem-balikan mereka kepada Bapa untuk dijaga.

35. Dalam Matius 26:39 ditunjukkan bahwa Yesus menyerah kepada kehendak Bapa. Dia berbuat bukan dengan kehendaknya sendiri, tetapi dengan kehendak Bapa. Jika Yesus adalah Allah, maka dia bebas untuk memilih sesuai apa yang dikehendakinya, bukan takluk kepada kehendak Bapa.

36. Dalam Matius 27:45 dikatakan bahwa Yesus berteriak, “Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku?” Dapatkah orang seperti ini disebut Allah yang sebenarnya? Dapatkah orang yang menyeru selain dirinya [yaitu Bapa] sebagai Allahnya disebut Allah Yang Mahatinggi? Jika Yesus itu Allah yang sebenarnya, mengapa ia memanggil Bapa sebagai Allahnya? Bukankah hanya ada satu Allah yang benar?

37. Yesus tidak pernah menunaikan pemujaan kepada dirinya sendiri, sang anak, tidak pula kepada roh kudus, tetapi ia menunaikannya kepada Bapa.

38. Yesus tidak pernah menyuruh pengikutnya untuk berbakti kepada dirinya atau kepada roh kudus, tetapi kepada Bapa semata, “Jika kamu berdoa katakanlah, ‘Bapa dikuduskanlah nama-Mu.’” [Lukas 11:2] “Penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa.” [Yohanes 4:23]

39. Bukanlah kebiasaan para apostle untuk menunaikan kebaktian kepada Kristus, akan tetapi kepada Bapa.

40. Bahkan Paulus berkata, “syukur kepada Allah, yang memberi kami kemenangan melalui tuan kami, Yesus Kristus,” 1 Kor.15:57. Dalam ayat ini Paulus membedakan antara Bapa sebagai Allah dan Yesus sebagai the lord [tuan, bukan Tuhan]. Lihat pula pembedaan ini dalam Filipi 2:11. Dan ingat kata lord yang disandangkan kepada Yesus bukan berarti Tuhan, melainkan tuan. Sebab penguasa sesungguhnya adalah Bapa, bahkan Yesus berada dalam kekuasaan Bapa. Bapa adalah Tuhan semesta alam, Tuhan langit dan bumi, Tuhan kita dan Yesus. Bapa adalah Tuhan Yang sesungguhnya.

41. Allah mengkaruniakan wahyu kepada Yesus, maka Yesus bukanlah Allah, lihat Wahyu 1:1.

42. Jika kita membuka Ibrani 2:9, maka kita akan bertanya, mungkinkah Yesus itu Allah? Jika Yesus itu Allah, bagaimana ia bisa lebih rendah dari malaikat?

43. Dalam Matius 12:18 kita dapat melihat bahwa Yesus adalah hamba Allah. Hamba Allah tidak mungkin sama dengan Allah yang dia sembah.

44. Dalam Yohanes 8:29 kita dapat melihat bahwa Yesus adalah utusan Allah, dan Allah selalu menyertainya dan tidak meninggalkannya sendiri, dan Yesus berbuat sesuai apa yang disenangi/diridoi Allah.

45. Dalam Lukas 2:52 kita dapat melihat bahwa Yesus bertambah besar hikmatnya, berarti ia berubah, sedangkan Allah itu kekal, tidak berubah. Dan Yesus makin disenangi Allah dan manusia. Disini jelas terdapat perbedaan antara Allah Yang menyenangi Yesus, dan Yesus yang disenangi Allah. Allah tidak sama dengan Yesus.

85 Komentar »

  1. billy said

    isi file doktrin kristen amat sangat berguna bagi perkembangan iman semua orang percaya karena dapat menjadi bahan referensi pemahaman yang benar tentang firman Allah Yang Hidup.

  2. Daniel said

    1. Tepat sekali
    2. Tepat, tetapi Yesus adalah Allah yang ber-inkarnasi menjadi manusia. Allah Bapa adalah satu2nya Allah benar tapi Yesus sehakikat dengan Bapa dan keduanya adalah satu Allah. Allah mengutus Dia dalam rangka penyelamatan umat manusia.
    3. Yesus diurapi dalam dalam kemanusian-Nya. Justru ayat itu menunjukkan ketiga pribadi Allah yang sesungguh-Nya dan ketiga-Nya adalah satu Allah.
    4.Jangan pake satu atau dua ayat untuk membuat suatu pandangan. dan justru pandangan anda keluar dari kekristenan yang benar.
    5.Benar.
    6.Yesus berbeda dengan Bapa dalam hal Yesus menjadi manusia seutuhnya. Dalam ke Allahan-nya yesus tidak dapat mati, dalam kemanusian-Nya dia mati.
    7.Dalam kemanusian-Nya Yesus mempunyai Bapa sebagai kepalaNya. Yesus berbeda dengan manusia pada umumnya jadi anggapan Yesus adalah Allah berarti semua manusia adalah Allah itu adalah ajaran paganism/deisme bukan ajaran Kristen.
    8.Sama dengan yang diatas. dalam kemanusiaan-Nya. Yesus milik Allah sebab Dia berasal dari Allah dan Dia adalah Allah.no6-7,9
    9.Sama dengan yang di atas, dalam rangka kenosis (pengosongan diri).
    10.Ayat ini justru mengatakan kalau orang melihat saat itu Yesus baik harus mengeti bahwa Yesus itu Allah sendiri. Ayat ini juga menyatakan kerendahan diri dan ketaatan Yesus terhadap Bapa-Nya sebagai manusia.
    11.sama dengan diatas. Pribadi Allah saling berkomunikasi dengan saling memanggil Allah itu wajar. tiga pribadi dalam satu hakikat yaitu Allah tetapi orang Kristen tidak mengenal tiga Allah. Doktrin ini diluar jangkauan manuasia. pelajari ajaran para rasul dan bapa gerja perdana daripada tafsir ayat ngawur semua. anda kayak Arius yang sesat.
    12.Karena tidak bisa matidan tidak tampak itu dia jadi manusia.
    13-20.sama dengan yang diatas.no6,7,9,11
    21-25 sama dengan yang di atas.no6,7,9,11
    26. maksud bukan anak manusia pada umumnya yang berdosa. ingat Yesus adalah manusia seperti kita tapi dia tidak berdosa.
    27-32.Sama dengan yang di atas.no6,7,9,11
    33.orang Yahudi kan jelas2 disalahkan oleh Yesus sebab tidak mengenal Bapa maupun Yesus.
    34-35. sama dengan yang di atas.no6,7,9,11
    36. jadi manusia untuk menanggung dosa dan memang harus ditinggalkan Bapa-nya sebagai akibat menanggung dosa di kayu salib.
    37.Banyak perbuatan yesus yang tidak dituli dalam kitab suci.
    39. makanya belajar sejarah gereja. Tomas menyebut yesus Tuhan dan Allahku.
    40.Pembedaan pribadi Allah. belajar doktrin tritunggal dengan benar.
    41. sama dengan di atas.no6,7,9,11
    42. sama dengan di atas no6,7,9,11
    43-45 sama dengan no 6,7,9,11

  3. Daniel said

    Ini bukan membangun iman Kristen tapi meruntuhkan. Anda jadi orang Islam aja jangan merusak ajaran Kristen. kok pake bawa ajaran Islam

  4. arnold said

    Susah memang untuk membuat anda paham, karna dari hati anda memang sudah membenci iman Kristen. Anda “cukup” banyak mempelajari alkitab, terbukti dengan banyaknya ayat-ayat yang anda kutip. Tapi kalau anda mempelajari iman Kristen dengan tujuan hanya ingin mencari kelemahan-kelemahan yang ada maka anda tidak akan memahami secara keseluruhan, karna sudah ada dengki di hati anda.
    Jadi jika ingin memahami iman kristen secara benar, tujuan awalnya harus di rubah. Jika ingin memahami iman Kristen secara menyeluruh dan benar maka murnikan hati dari tujuan untuk membandingkan agama, hilangkan dengki yang masih ada terhadap iman Kristen. Sebelum membaca anda harus berdoa dulu pada Tuhan Yang Maha Kuasa mohon agar hati anda tetap di murnikan. Setelah itu mulailah membaca dari kitab kejadian sampai wahyu. Membaca jangan di kebut, tapi baca sampai sebatas yang anda dapat pahami saja pada hari itu. Dan ingat pada saat anda mulai membandingkan Kristen dengan Islam maka saat itu anda gagal.
    Saya ingatkan hal ini tidak akan mudah, karna anda sudah meyakini suatu agama tertentu. jadi akan terjadi peperangan dalam hati anda, dan biasanya yang menang adalah hal yang sudah anda yakini karna sudah banyak yang anda pelajari dari agama anda. Makanya penting untuk memurnikan tujuan anda, mempelajari iman Kristen tidak untuk tujuan buru, membanding-bandingkan atau mhanya mencari kelemahan iman kristen saja.
    Jika tidak bisa melakukannya, maka sebaiknya anda jangan mengeluarkan komentar yang seolah-olah anda paham akan iman kristen. Karena hal inilah yang sering menjadi awal konflik agama. Jika ada orang lain yang juga membandingkan agama anda yang hanya mengutip sebagian yang menjelek-jelekkan agama anda maka anda akan menganggap orang iru menistakan agama anda. Marilah hidup rukun dengan keyakinan kita masing-masing. Trima kasih, mohon maaf kalau ada kata yang tidak berkenan.

  5. nandy said

    jika memang benar jangan takut runruh imannya, jika merasa salah ya ikuti aja toh?

  6. Wahai kawan-kawan, bacalah buku Menjawab Doktrin Tritunggal, karya Frans Donald (ada di Gramedia / toko buku). Disitu juga ada komentar pendeta, teolog kristen, Lembaga Alkitab Indonesia, serta Romo, yang komentar-komentarnya juga tegas terang-terangan menolak Trinitas dan mengatakan “Yesus bukan Allah!”.
    Selamat membaca!

    • 0331521156 said

      itu buku sasat

  7. STEVANUS said

    Tapi kan Yesus adalah Allah yang menjelma menjadi manusia untuk menebus dosa manusia, karena manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya. Jika bukan Allah sendiri, siapa lagi? Mana mungkin jika Yesus hanya manusia biasa mampu menebus dosa manusia, sementara tertulis bahwa semua manusia adalah berdosa. Itulah sebabnya Yesus disebut anak manusia, yang dikandung daripada roh kudus. Karena ketiganya sama saja. Bapa, Anak, dan Roh kudus dengan sebutan Tritunggal.

  8. silent said

    Yesus dan Bapa adalah dua Pribadi, bukan satu pribadi; berdasarkan Yoh. 8:17-18.

    konsep trinitas terlihat sangat memaksakan …sesuatu yg ga mungkin

    • mb said

      Tentu saja karena kita ini manusia…. Gak sempurna…. Tuhan menciptakan dunia ini juga tidak mungkin bisa dipahami manusia…

  9. silent said

    7. ‘Kepala’ Yesus adalah Allah, maka Yesus berbeda dengan Allah. Jika Yesus sama dengan Allah, maka semua perempuan = semua laki-laki = Yesus = Allah. berarti kita semua adalah Allah. Lihat 1 Korintus 11: 3.

    TRINITAS.?apakah secara langsung mengajarkan trinitas??
    trinitas hanya ilustrasi buatan paulus…

    43. Dalam Matius 12:18 kita dapat melihat bahwa Yesus adalah hamba Allah. Hamba Allah tidak mungkin sama dengan Allah yang dia sembah.

    he…he….doktin trinitas anda lemah….

    • mb said

      padahal sdh dibilangi jangan baca cuma sepenggal sepenggal lho…

  10. Melchior said

    Menurut aku Yesus memang bukan Allah, dlm PB aja imam-imam Yahudi aja mengatakan “penghujatan” jika mengatakan Yesus anak Allah, apalagi mengatakan Yesus itu Allah. (Mat 26:63-66)
    Setiap awal dari surat-surat Paulus dikatakan, misalnya dlm (TB-LAI Kor 1:3 berbunyi “Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tu[h]an Yesus Kristus menyertai kamu.”) jd hanya ada satu Allah yaitu Bapa dan satu Tu[h]an saja yaitu Yesus, so Yesus bukan Allah tapi Tu[h]an/Tuan/Lord/Adon/Adonai.

    Sebetulnya terjemahan yg benar untuk kata Lord itu adalah Tuan untuk Yesus dan TUAN untuk Yahweh/Allah, tetapi terjemahan di TB-LAI-PL ‘TUHAN’ untuk Yahweh dan ‘Tuhan’ di TB-LAI-PB untuk Yesus dan Yahweh, sehingga umat juga bingung mana Tuhan yg mengacu kpd Yahweh dan mana yg mengacu kepada Yesus, seharusnya dibedakan.
    Contohnya dalam Mat 1:24 “Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai istrinya”
    Kata Tuhan diatas ditulis dengan huruf kecil sehingga umat bisa saja mengatakan itu malaikat Yesus atau Yahweh, padahal maksudnya adalah adalah malaikat TUHAN/Yahweh.

    Sementara kata God/El/Elohim/Eloah, TB-LAI-PL & PB diterjemahkan dengan kata Allah atau ALLAH bila mengacu ke Yahweh, ini ga jadi masalah.

  11. Melchior said

    Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersam-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

    Maksud ayat itu dlm menciptakan segala sesuatu Allah selalu berfirman, Firman itu tidak berawal dan berakhir. Firman itu senantiasa bersama-sama dengan Allah, jadi ga mungkin Allah itu bisu alias ga berfirman, jadi Firman itu ya Allah juga karena senantiasa bersama Allah.

    Yoh 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dst….

    Maksudnya bila Allah berkehendak menciptakan sesuatu Dia hanya mengatakan Kun: Jadilah, dan Fayakun: Terjadilah.
    Nah ketika Allah hendak menciptakan Yesus atau siapapun juga di alam semesta ini termasuk manusia, sebetulnya sudah ada dalam pikiran Allah sendiri bahkan sebelum alam semesta ini dijadikan olehNya, tinggal kapan Dia hendak menciptanya. Aku diciptakan oleh Allah karena Allah mengasihi kedua orang tuaku, sehingga Dia memberi kedua orang tuaku putra/aku.
    Karena Allah mengasihi dunia ini, mengasihi umat manusia, maka Allah menciptakan para nabi ya termasuk Yesus itu.

    Jadi sebelum dunia ada, kita sudah ada bersama-sama dengan Allah, kita semua adalah FirmanNya/AnakNya, jd Firman itu bukan hanya milik Yesus sebetulnya tp setiap orang dan semua ciptaanya.

    Jadi sebelum kita ada kita adalah FirmanNya sama seperti Yesus, bedanya Yesus diciptakan tanpa hubungan antara laik-laki dan perempuan, sama seperti Adam. Karena Allah/Bapa sungguh Mahakuasa.

    Sebagai orang Islam aku tidak melihat sesuatu yg aneh pada Yesus, sebab dia hanya seorang Nabi/Rasul Allah yg mengajak umat Yahudi kembali kepada Allah dan TauratNya tetapi orang Yahudi tidak menerimanya bahkan ingin membunuhnya, tapi Allah sungguh mengasihi Yesus sehingga Allah menolong hambanya, sehingga yg terbunuh adalah muridnya Yesus yaitu Yudas Iskariot.

    Umat Islam jg menunggu kedatangan Tuan Yesus yg kedua kali menjelang akhir zaman, maka untuk umat Islam bertobatlah dari dosa-dosamu dan bagi umat Kristen berimanlah kepada Muhammad Rasul Allah.
    Amin.

    • mb said

      ah… kalo kita adalah firman-Nya, kenapa kita punya sifat jahat?? sebab firman Allah itu adalah baik dan benar.. ya kan??

    • Beton said

      JOHANES 1:1 AYAT PALSU

      Ayat-ayat Yohanes 1:1-14 berasal dari hymne PLATONIS yang diperkenalkan oleh PHILO dari Alexandria ini.

      Bunyi kalimat pertama adalah:
      “Pada mulanya adalah Logos (firman), Logos (firman) itu bersama dengan Tuhan, dan Logos (firman) itu berasal dari Tuhan.”
      Penyalin Kitab Yohanes kemudian mengadopsi hymne ini dan menempatkannya sebagai pembukaan Injil Yohanes, lalu merubah kalimat: “Logos itu berasal dari Tuhan” menjadi “Firman itu adalah Tuhan.”

      Pencaplokan ajaran Platonis oleh penyalin Injil Yohanes ini, dijelaskan oleh bapa gereja Santo Agustinus dalam bukunya The Confession of St. Augustine di bawah sub judul ‘Kitab Suci dan Filsafat Penyembah Berhala’ sebagai berikut:

      “…Book of the Platonis that had been translated ou of Greek into Latin. In then I read, not indeed in these words but much the same thought, enforced by many varied arguments that: In the beginning was the word, and the word was with God and the word was God. All things were made by him, and without gim nothing was made.”

      “… Buku filsafat Platonis yang telah diterjemahkan dari bahasa Yunani ke bahasa Latin. Di dalamnya saya baca, walaupun tidak sama persis tetapi jalan pikirannya sama, didukung dengan berbagai argumen bahwa: Pada mulanya adalah firman, dan firman itu bersama Tuhan, dan firman itu adalah (dari) dari Tuhan. Segala sesuatu dijadikan oleh dia (firman) dan tanpa dia (firman) tidak ada yang dijadikan.”
      Catatan kaki Alkitab The New Testament of the New American Bible, 1970 hal. 203, memperkuat pendapat bahwa Yohanes 1:1-18 BUKANLAH bagian Injil Yohanes, melainkan KARYA LEPAS yang kemudian dimasukkan menjadi pembuka kitab Yohanes tersebut:

  12. STEVANUS said

    Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya yg berbvnyi: kamu akan memdengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembugkan mereka.(Matius 13:14-15)

  13. Z said

    Intinya TUHAN dalam Kristen adalah wujud yang berkepribadian Ganda dong? Jd inget filmnya Jim Carrey ‘ Me,My Self & Irene’. Pasti lucu banget tuh pas lagi pd ‘ribut’..
    Alhamdulilah gw dilahirkan sebagai Muslim.

    • berkat harefa said

      bro, nanti dipenghakiman terakhir baru km ngerti dan menyesal ketika engkau menghadap takhta pengadilan Kristus baca II Kor 5:10.

    • mb said

      yang lucu, kamu membandingkan manusia yang tidak bisa apa-apa, dengan Tuhan yang Maha Kuasa

  14. Avram said

    Yesus bukan Allah, Yesus bukan satu2nya Anak Allah, klo Allah menjadi manusia Yesus berarti Allah pernah mati di kayu salib, masa Allah pernah mati. Trus Maria di sebut Bunda Allah, emang Allah [Bapa] dilahirkan jd manusia [Yesus]. Aneh banget. Klo memang nubuat Yesus ada di Taurat, napa org Yahudi tetep ga percaya Yesus ampe hari ini

    • berkat harefa said

      bro, iman Kristen itu (Trinitas) ga bisa dibuktikan dengan logika spt Ilmu pasti (matemati). justru inilah keunikan Iman Kristen dgn Iman yg lain. engkau dapat mengakui dan mengerti hanya oleh krn anugerah Tuhan. sebab oleh Dialah yg menyingkapkannya. bro, nanti dipenghakiman terakhir baru km ngerti dan menyesal ketika engkau menghadap takhta pengadilan Kristus baca II Kor 5:10.

    • mb said

      Avram… memulai perdebatan itu tidak baik lho…

  15. co_politikus said

    aduh kepala saya mo pecah klo kalian pada mendebatkan agama……..
    saya mengerti perasaan umat kristen karena bahasa yang digunakan keras dan amat menyinggung…………
    saya mewakili seluruh umat islam di seluruh dunia meminta maaf yang sebesar-besarnya….
    jika anda ingin mencari kebenaran daripada anda membaca ini. lebih baik anda membandingkan alkitab dengan al-qur’an yang tentunya ada terjemahannya………
    dengan begitu anda akan mengetahui arti dari sebuah kebenaran……….

  16. co_politikus said

    klo anda percaya dengan iman kristen anda, jgnlah terpengaruh oleh itu smua…………
    tapi klo anda mrasa trpancing untuk mncari arti sbuah KEBENARAN, anda dp mmbandingkn injil anda dngn al-qur’an yg pstinya trjemahan………..

  17. aku said

    saya kok curiga ya dengan bung melchior…hemmm…

  18. ak yg bodoh said

    Agam ataup pun keyakinan… sebisa mungkin jangan di perdebatkan.. tetapi, di cari kebenaran nya, dan itu pun dengan jalan yg benar dan damai…. kita tidak bisa men-judge agama itu.. salah atau benar… karena kita sendiri pun belum tentu orang yg benar menjalan kan agama kita sendiri… pada intinya semua agama mengajarkan kebaikan…. wallahu alam….

  19. I said

    Mmm.. Lucu yah baca content blog ini. Saya cuma bisa ketawa. Siapa sih penulis blognya? Jadi mau tau. ^^

    Syallom semuanya. Damai sejahtera bagimu.
    Cuma mau mengingatkan buat teman-teman Kristen lainnya, bahwa Alkitab tidak perlu dibela. Memang unsur pembuatannya melibatkan manusia, tetapi relevansi kekalnya nyata di dalam kehidupan manusia. Hal ini yang membuktikan bahwa Alkitab adalah murni karya Allah itu sendiri. Bukan buatan manusia. Termasuk kandungan berbagai doktrin di dalamnya. Faktanya, dengan berbagai keistimewaan historis yang ada dalam Alkitab, toh semuanya tetap menjadi satu, tak terpisah, sehingga dapat terkanonisasi. Tidak ada yang saling menyangkal, bahkan berbagai nubuat yang ada pada masa sebelum Kristus terbukti tergenapi dalam masa Kristus itu sendiri dan masa-masa setelahnya. Oleh karena itulah, tidak perlu diperdebatkan mengenai kebenaran Alkitab ataupun sifat infallibity dan inerrancy-nya. Alkitab lebih dari sanggup membela dirinya sendiri, karena dialah theopneustos, napas Allah itu sendiri, karya Sang Pencipta.

    Oleh karena itu, buat saudara-saudaraku, gak usah dipusingin komentar orang mengenai Alkitab dan doktrin-doktrin di dalamnya. Mari tetap percaya bahwa semua tulisan dalam Alkitab diilhamkan oleh Allah sehingga semuanya adalah kebenaran yang nyata. Bagi kita, Kristus adalah Allah itu sendiri.

    Untuk sang penulis, kalau anda terketuk pintu hatinya, coba dibaca dan direnungkan baik-baik arti keseluruhan Injil Yohanes. Kebenaran Trinitas tidak dapat disangkal dalam kitab ini. The Deity of God dalam Kristus nyata sekali, jelas ditekankan dalam kitab ini.

    Terima kasih. Tulisan yang sangat ‘menggugah’ pemikiran logika, tetapi tanpa iman.

    Pax Christi!
    Terpujilah Kristus!

  20. danu said

    yang membuat artikel di atas adalah bohong!!!

    janganlah anda mencari pembenaran diri di hadapan Allah. karena allah tidak dapat anda bohongi. allah tidak dapat anda logika. untuk penulis, jangan anda mencari pembenaran untuk membela kelompok anda sendiri.

    • ayu lestary said

      ada seorang mahasiswa Indonesia yg dah lama hidup di amrik, n gaya hidupnya juga dah dipengaruhi ala barat, ketika itu dia sedang berlibur ke Indonesia, dia tidak percaya adanya Tuhan, dia tidak percaya adanya takdir dan dia bertanya tentang mengapa setan masuk neraka padahal setan kan dibuatnya dari api, ya pasti gak kesakitan wong dia dibuatnya dari api.
      sampai saat ini belum satu pun jawaban yang dapat menenangkan hatinya.
      kalau ada yg bisa jawab tolong kasih tahu aku ya….begitu pesannya.

      • wait said

        kalau g salah setan itu kalau dibacakan ayat kursi saja merasa kepanasan seperti timah yg dipanaskan klau g salah
        lebih baik kamu tanya sama ustadz j deh

      • Dean Winchester said

        Dia saat ini berwujud daging kan?? Coba saja tampar menggunakan tangan yg juga berwujud daging, sakit tidak??

  21. someone special said

    hahahahaha…..
    lucu juga orang ini bicara….
    baca alkitab tpi g ngerti maksdnya….

    begitulah Tuhan memberikan hikmat kepada orang2 yg dikehendaki untuk mengetahui rahasia yg diberikanNya melalui firmanNya..

    aku berdoa supaya Tuhan berkehendak agar kmu mengerti..:)

  22. dikdik said

    Islam adalah rahmatan lil a’lamin..artinya rahmat bagi sekalian alam.
    Islam gak pernah mencari musuh, tapi tidak akan lari apabila musuh menyrang Ummat Islam, kalaupun akhir-akhir ini sering terdengar apabila yang melakukan teror bom adalah ummat Islam, ingat itu adalah oknum bukan ajarannya, skali lagi Islam tidak mengajarkan kekerasan, bahkan apabila Ummat Kristiani punya semboyan “KASIH”, Ummat Islam lebih sempurna lagi yaitu ‘KASIH SAYANG”,. Islam sangat toleran dalam kehidupan beragama, seperti di contohkan Umar Bin Khotob, beliau menjaga seorang Pendeta yang akan melaksanakan ibadahnya di greja, beliau antarkan pendeta tersebut sampai di depan Gereja, apakah tidak cukup bukti bahwa Islam adalah agama yang sangat toleran dalam kehidupan beragama. Artinya marilah kita bangun kehidupan bergama yang harmonis, dinamis dan kondusif sesuai dengan ajarannya masing-masing. INGAT Allah tidak senang kepada orang-orang yang takabur. Ummat Kristen silahkan menjalankan ibadahnya dengan baik menurut ajarannya dan kepada Ummat Islam silahkan enjalankan ibadahnya dengan baik sesuai dengan ajarannya masing-masing.

    • berkat harefa said

      saya se7 saudara, Tuhan Allah melindungi, menolong dan memberkatimu di dalam anugerah-Nya yg berlimpah-limpah. smoga hal itu engkau hidupi dan menemukannya….GBU

  23. bodohnya ak said

    CURHAT:Dulu aku seorg muslim yg g taat.tmn ku ada yg nasrani dia baik padaku..pd suatu saat ak main kermh tmnku yg kristen,waktu sholat pun berkumandang tmnku kristen itu mengiatkan ku sholat.dia menyiapkan shajadah,dlm hti brkata baik jg dia.stlh sholat aku tnya kok dia punya sajadah.trnyata dikasih sodaranya yg muslim.singkat cerita,kmi ngobrol.trnyata dia ingin tau ttg Islam sampai2 dia punya koleksi lagu DEBU para Mualaf yg memeluk Islam dgn senandung lagu yg menyejukan,dia jg k agum dgn muslim yg selalu mgingatkan&menyejukkan adhan dlm tiap wktu mgingatkan org muslim u.sujud bribadah.trnyata dlm agamanya yg Nasrani dia bimbang dgn kyakinananya.dia msh meluluk nasrani krn klrg nya bragama Nasrani,tp dia sdikit demi sdikit mpelajari Islam dgn baik.smg ntinya mata hati trbuka dan menjadi Mualaf yg baik.amien.
    Pd suatu saat aku blajar Ilmu agama dgn seorg Ustad.dia brcerita bnyk,umat nasrani yg dtg padanya untuk meminta didoakan,agar semua mslh hidupnya cpt trselesaikan dgn doa secara Islami.Beliau pun memberikan Wirid yg baik,begitu pula dijalankan dgn baik oleh org2 nasrani trsbt.Dr crita tersebut dpt disimpulkan bahwa umat Nasrani itu sebenarnya baik hati,namun tuntunan nya salah dlm Agama yg diyakininya.Trbukti banyak umat Nasrani yg minta tolong pada org yg linuwih dlm agama Islam,Iman mereka sebenarnya lemah dlm keyakinan agamanya,namun mrk ngotot krn itu Hak dia dr lahir.krn klrgnya turun temurun bragama Nasrani,Inilah Indahnya Islam bnyk org Nasrani mencari solusi dr para kyai,ustad,Islam dll dgn ajaran dasar islam,tapi tdk ada org Islam Minta solusi ke Pendeta,Romo dll.trbukti Islam sangat memeluk erat kita semua walau mrk Non muslim.
    Yesus mgkin memang bnr Tuhan Nasrani,tapi tidak dpt mggerakkan hati umatnya untuk memohon padanya saja,apalagi sampai minta solusi hidup ke Umat Agama Lain.Allah SWT,Kekal tidak akan menjerumus kan umatnya,krn semua solusinya sdh ada bersama Kamu muslim & dlm Al-Quran,sdh sangat jls aturan kehidupan,dari lahir-mati…

    • dendeng said

      hey numpang aja, ….

      ag maklumi knpa ni org tulis nh blogx….

      spy rame pngunjungnya kn?

      nh aq bikin rame… di dinding mu….

  24. Kunali Setiawan said

    Kristen adalah organisasi yang mengakui Yesus adalah Allah itu adalah dogma yang diajarkan para bapak gereja. Agustinus, seorang teolog besar dari Hippo (354-430), mengatakan mengenai ini secara singkat dan tepat. Ia berkata, “Dogma tidak lain adalah pagar disekitar misteri.”.
    Biasanya yang dipagari adalah hewan ternak, penggambaran umat kriten oleh bapak gereja digambarkan dengan domba. Tujuannya mengubah pemikiran manusia yang merdeka menjadi seperti domba. Kita tidak perlu kuatir dengan organisasi kristen karena terdiri dari domba-domba. Yang perlu kita kuatirkan adalah srigala berbulu domba. Para bpk gereja tinggat tinggi sudah tau organisasi ini yang mengendalikan mereka, tapi sulit menolak permintaanya karena mereka meiliki kekayaan dan kekuasaan. Di indonesia organisasi ini dikenal dengan VOC anda bisa lacak siapa sebenarnya mereka.

  25. dendeng said

    hey numpang lg, ….

    ag maklumi knpa ni org tulis nh blogx….

    spy rame pngunjungnya kn?

    nh aq bikin rame… di dinding mu….

    Balas

  26. Paulus Bening said

    Buat I Berkata…anda sangat naif kalo bilang Alkitab adalah ilhaman dari Allah via Roh Kudus…sudah baca buku Misqouting Jesus karangan Bart D Ehrman? :)

    Contoh kecil kalo PB banyak penambahan yaa…
    [Matius 28:18] Yesus mendekati mereka dan berkata: “KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan bumi.
    Ayat Matius 28:18 ini adalah AYAT PALSU..
    Karena Kitab Matius pasal 28 sebetulnya hanya sampai ayat 15. Sebagai
    berikut:
    [Matius 28:15] Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan
    kepada mereka. Dan CERITERA INI TERSIAR diantara orang Yahudi SAMPAI
    SEKARANG INI.
    King James Version:
    [Matthew 28:15] So they took the money, and did as they were taught: and
    this saying is commonly reported among the Jews UNTIL THIS DAY.
    American Standard Version:
    [Matthew 28:15] So they took the money, and did as they were taught: and
    this saying was spread abroad among the Jews, and continueth UNTIL THIS DAY.
    Perhatikan kata-kata yang saya huruf besarkan diatas, “CERITA INI TERSIAR
    SAMPAI SAAT INI” (;Sampai hari ini) menunjukkan bahwa peristiwanya sudah
    lama berlalu. Ini memperlihatkan bahwa Injil ini sudah lama selesai ditulis.
    Cerita ini sudah menjadi cerita rakyat yang terus dipupuk selama puluhan
    tahun, baru kemudian ayat 16-20 ditambahkan.

    Namun karena Gereja ingin menambahkan doktrin keimanan mereka dalam Injil, sehingga tanpa malu-malu mereka menambahkan ayat-ayat palsu tersebut, walaupun akhirnya janggal di kuping yang mendengarnya.

    Mengenai ayat-ayat palsu yang baru ditambahkan oleh Gereja ini,
    perhatikanlah pernyataan para pakar Alkitab dan sejarah pemikiran Kristen
    seperti:

    – Hugh J. Schonfield, nominator pemenang Hadiah Nobel tahun 1959, dalam
    bukunya The Original New Testament, hal. 124:

    “This (Matthew 28:15) would appear to be the end of the Gospel (of Matthew).
    What follows (Matthew 28:16-20) from the nature of what is said, would then
    be a latter addition”

    “Ayat ini (Matius 28:15) nampak sebagai penutup Injil (Matius). Dengan
    demikian, ayat-ayat selanjutnya (Matius 28:16-20), dari kandungan isinya,
    nampak sebagai (ayat-ayat) yang BARU DITAMBAHKAN KEMUDIAN”.

    – Selanjutnya, Robert Funk, Professor Ilmu Perjanjian Baru, Universitas
    Harvard, dalam bukunya The Five Gospels, mengomentari ayat-ayat tambahan ini sebagai berikut:

    “The great commission in Matthew 28:18-20 have been created by the
    individual evangelist… reflect the evangelist idea of launching a world
    mission of the church. Jesus probably had no idea of launching a world
    mission and certainly was not the institusion builder. (is is) not reflect
    direct instruction from Jesus”

    “Perintah utama dalam Matius 28:18-20… diciptakan oleh para penginjil….
    memperlihatkan ide untuk menyebarkan ajaran Kristen ke seluruh dunia. YESUS SANGAT MUNGKIN TIDAK MEMILIKI IDE UNTUK MENGAJARKAN AJARANNYA KE SELURUH DUNIA DAN (Yesus) SUDAH PASTI BUKAN PENDIRI LEMBAGA INI (agama Kristen). (Ayat ini) tidak menggambarkan perintah yang diucapkan Yesus”
    [Markus 16:15] Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia,
    beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
    [16:16] Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

    Lagi-lagi ayat yang satu ini, yaitu Markus 16:15-16 adalah AYAT PALSU.

    Jadi menurut mereka Yesus memerintahkan untuk menyebarkan Injil untuk
    seluruh makhluk. Tapi setelah diselidiki, ternyata ayat diatas adalah ayat
    Palsu. Kitab Markus 16 ternyata hanya sampai ayat 8:

    [Markus 16:8] Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab
    gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapapun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-muridNya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.

    Ayat Markus 16:8 diatas inilah yang sebetulnya merupakan ayat penutup dari Markus 16. Sedangkan ayat Markus 16:9-20 adalah palsu dan baru disusupkan oleh gereja kemudian.

    Alkitab kitab Markus pasal 16 yang diterbitkan Lembaga Biblika Indonesia
    yang dicetak oleh percetakan Arnoldus Ende 1986/1987, Pada catatan kakinya berbunyi:

    “Dengan singkat. Bagian ayat ini hanya terdapat dalam beberapa naskah.
    Nampaknya baru dalam abad ke-2 masuk ditambahkan dalam injil Markus. Bagian akhir injil Markus ayat 9-20 bercerita mengenai penampakan Yesus. Ini memang termasuk kitab suci, TETAPI AGAKNYA TIDAK TERMASUK INJIL MARKUS YANG ASLI”.

    – Pada The Christian Counselor’s New Testament, Markus 16 berakhir pada
    pasal 16 ayat 8. Kemana ayat 9-20? Pada akhir kalimat terdapat catatan kaki:

    “These verse are omitted by better MSS. An alternative shoter ending is
    found in same”.

    “Ayat-ayat ini dihapus oleh terjemahan MSS yang terbaik. Penutup lebih
    pendek seperti ini (Markus 16 berakhir pada ayat 8) bisa ditemukan pada
    beberapa versi lainnya.

    – Pada The Holy Bible New International Version pada catatan kaki ayat 8
    berbunyi :

    “The two most reliable early manuscripts do not have mark 16:9-20″.

    “DUA MANUSKRIP PALING TUA TIDAK MEMILIKI MARKUS 16:9-20″.

    – “Serious doubts exists as to whether these verses belong to the Gospel of
    Mark. They are absent from important early manuscripts and display certain
    peculiarities of vocabulary, style and theological content that are unlike
    the rest of Mark. HIS GOSPEL PROBABLY ENDED AT 16:8, OR ITS ORIGINAL ENDING HAS BEEN LOST. (From the NIV Bible Foot Notes, page 1528)”

    – Kata Herman Bakel dan Dr. A. Powel Davies, “Injil Matius 28:19 (28:19
    Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,) dan Injil Markus 16:9-19 ADALAH SISIPAN. Bacalah bukunya.” (Hashem, “Jawaban Lengkap Kepada Pendeta Dr. J. Verkuyl,” terbitan JAPI, Surabaya, tahun 1969, halaman 94).

    Jadi perintah Yesus untuk memberitakan injil kepada seluruh makluk adalah
    ayat Palsu yang sengaja disisipkan oleh tangan-tangan jahil. Jadi dengan ini
    yang benar adalah Yesus hanya untuk bani Israel saja seperti yang Yesus
    katakan dengan tegas di Matius 10:5-6:

    banyak lagi cuma Itu dulu aja :) ada dalam bukunya Bart D Ehrman – Ketua Fak Kajian Agama University of Carolina di Chapel Hill – Misqouting Jesus.

    Ayat berbicara:
    Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juru Selamat, tidak ada yang lain kecuali Aku! (Yeyasa 45:21)

    • mb said

      tahukah anda… memulai sebuah perdebatan itu tidak baik??

  27. Irene said

    Pasal 29 UUD 1945
    (1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.
    (2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

    so???

    sebagai warga negara Indonesia yang pada dasarnya merupakan sebuah negara Bhineka Tunggal Ika..

    saya meminta agar kita semua saling menghargai kepercayaan masing-masing dan tidak saling menyalahkan atau pun menghujat. karena kebenaran yang sejati, sebenarnya hanya dimiliki oleh Tuhan Yang Maha Esa.

  28. belajar percaya said

    terjemahkan alquran spy kalian ngerti,krn alquran sndiri mnerjemakan Tuhan = “Kami”.kami kan brrti jamak,artinya islam pun mngakui Allah itu tri tunggal…3 in 1,dn yg turun ke bumi itu Yesus ato yg dsebut Anak oleh Bapa…namun Allah tetap 1(tritunggal)…klo di tanya knp? ya ga ada yg tau,krn memang dari sananya,begitu jg kita knp ada telinga? sdngkan ikan tidak? ya krna dr sananya jg…..sulit memahami Allah itu tritunggal.sejauh kita memahami tdk akan bisa karna kita manusia trbatas,jd jgn sok pintar trhdp pikiran Allah……

  29. belajar percaya said

    ku pernah baca alquran indonesia dari tman ku baca ttg pnciptaan bumi versi alquran,tapi Tuhan dsitu dikatakan “Kami” bukan “Aku”<—trbukti sbnrnya agama sbrang jg mngakui Tuhan itu tritunggal…..makanya knp tahun 2000an ini alquran jarg di trjemahkan k indo spenuhnya,mungkin krn begitunya….liat aj skr jarang ada alquran indo,kbanyakan spotong" djadikan buku yg dpaket…..

    • ali hasan said

      kamu tahu dari mana? Wkwkwkwwk…..,,, jangan hilang akal,,gunakan akal mu,,,katanya umat kristen pintar,,,kok gitu aja bingung. Di dalam alqur’an allah swt mengatakan ”KAMI” dan bukan ”AKU”. Ini bukan berarti allah swt adalah trinitas,, kata ”KAMI” adalah menandakan bahwa ada pihak perantara dalam proses tersebut,,misalnya malikat,,dll.jadi kata ”KAMI” adalah tanda bahwa ada perantara makhluknya dalam proses allah swt menciptakan sesuatu.mengerti?

    • ali hasan said

      agama kristen banting harga bro,,,buruannn…..,,,, CUKUP PERCAYA YESUS MASUK SURGA.,,tunggu apa lagi,,, kalo kurang puas,,, gak ke gereja,gak baca bible pun tetap masuk surga,,,gak puas jugaaaa..,,, mau judi,miras,free sex tetep masuk surga,, buruan bro gereja lagi promo besar besaran..,,, udah mau exppayed soalnya.

      • mb said

        benar itu…. hanya percaya saja… tapi apakah mudah untuk percaya?? lalu, kalo sudah percaya, ya pastinya gak akan berbuat dosa lagi dong…..

  30. evangel said

    Yesus adalah Tuhan. Dia adalah Allah. percaya pada Dia maka kalian akan selamat.

  31. evangel said

    pandangan umat kristian yang mengatakan Yesus bukan Allah atau Allah bukan Yesus itu SALAH. Yesus adalah Tuhan, Dia lah Allah, dan Allah adalah Yesus. maka nya kalian umat kristian harus baca injil dan pahami. jangan jadikan Alkitab itu perhiasan d kantor atau dalam kamar, atau dalam lemari. baca YOHANES 13:13. Yesus turun d dunia ini untuk menyelamatkan kita semua, mati d kayu salib dan bangkit hari ke tiga, ini semua Yesus lakukan untuk kita, jangan sakitkan hati Dia lagi. baca alkitab, umat kristian lebih suka nonton sinetron2 dan film2, ttapi alkitab dibiarin penuh debu… peluang masih terbuka bagi kita untuk terima Dia dan Tuhan masih buka tangan untuk menerima kita, jangan sampai peluang itu tertutup. dan tiada guna penyesalan jika kita sudah berada dalam NERAKA.. Yesus adalah Tuhan.

  32. bomiabose said

    ELAI…ELAI…
    LAMA SABHAKTANI…..

    INI SEDANG BERLANGSUNG…..

    KELUARAN : ……..

    (20:3) Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

    (20:4) Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

    (20:5) Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

    (20:6) tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

    (20:7) Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

  33. acong said

    wkwkwkwkwkwkkw!!!! aneh…aneh…aneh..! masak tuhan di salib… ngaco aja loe coy! masak tuhan lahir.. masak tuhan bentuknya sama seperti manusia.. hahahahha! ngaco dipelihara.. please dehh tobat loe semua!!

    • mb said

      bener lo coy…. masak manusia yang penuh dosa ini bisa masuk ke surga atas usahanya sendiri…. ya gak??? coba pikir…. surga itu sempurna, sedangkan kapan kita
      bisa gak berbuat dosa….

  34. cinta yesus said

    aneh ya,,, sekalipun saya membaca dan merenung obrolan kalian, saya tidak merasa apa2, tidak ada rasa kecewa saya akan Yesusku,
    tapi yang saya herankan, kenapa tidak ada Tuhan lain selain Yesusku yan di perbincangkan,,,?
    saya jadi bangga punya Yesusku, semua bertarung pendapat untukNya,,
    ternyata benar apa kata Yesusku, anti kristus akan ada..
    buat semua teman2 anti kristus, terus berkarya ya,, supaya saya semakin yakin akan Yesusku,

    • paulus bening said

      masing2 punya pendapat sendiri2..baik dari kubu kristian maupun non kristian, buktinya pun sama2 ada dan dari sumber yg sama yaitu al kitab, dimana didalamnya banyak sekali ayat yg berbicara bahwa Allah itu esa dan tunggal, bukan yesus, krn yesus pun bermohon dan berlutut kepada Allah yg satu ketika sedih dan memohon pertolongan, jadi yesus bagi saya hanya seorang nabi besar, sama seperti yohanes. Yohanes pun sampai akhir hayatnya tetap dng ajarannya sendiri dan tidak mengikuti jemaat yesus, walaupun mereka bersaudara, krn yohanes tahu bahwa yesus bukanlah Tuhan ataupun mesias. Salam.

      • berkat harefa said

        bro, saya mewakili umat Kristiani. kami tidak bermaksud untuk memaksakan Anda menjadi Kristen sebab agama Kristen sendiri tidak menyelamatkan tetapi Tuhan yg hidup yg disembah oleh orng Kristen adh itu yg menyelamatkan. jd kami hanya bersaksi pd saudara bhw hanya di dalam Yesus Kristus ada keselamatan yg pasti. baca Yoh 14:6.

    • Ihsan said

      jadi tuhan kalian yesus yg disalib itu berupa patung manusia gondrong yg cuma pake kolor tergantung ditiang jemuran >2000 tahun itu? Mana buktinya dia hidup? Kalo hidup gak mungkinlah dia tergantung terus di situ sampe gak bisa mandi dan ganti kolor sendiri. Kontras benar dgn PAUS dan pendeta2 nya yg pake jubah warna-warni.Ini yg bodoh siapa yg dongok siapa,bisa percaya sama TUHAN yg gak bisa ngapa2in. Pake otak utk beragama,jangan hanya percaya Dogma palsu!!!

      • mb said

        pantaskah anda berbicara begitu? merasa banggakah anda atas perkataan anda itu??

  35. Sampeyan itu sapa see?? kok bisa cuma cual-cuil makalah banyak orang dijadikan satu trus merasa udah tahu iman orang? saya jadi ingat (sampeyan kan baca juga alkitab tho coba baca matius 18:7..he3).. dak peduli dengan maksud apa sampeyan buat aneh2 gini tapi celakalah sampeyan selaku penyesat beserta anak cucu sampeyan, itu kata alkitab lho.. aku sih berdoa aja buat sampeyan krn bagian Allah itu yg akan buat sampeyan celaka…

    • bhendot said

      Saya malah prihatin sama duamalaikat..keimanan anda yang salah yang bakal anda sesalkan di akhirat nanti..apakah anda benar-benar percaya bahwa iman anda yang benar? lalu bagaimana anda membantahkan seorang dokter jepang yang masuk islam karena pengetahuannya (akal) melalui pembuktian salah satu ayat al-quran melalui penelitian mengenai molekul air akan berbentuk/berkumpul lebih rapi setelah dibacakan surat Al-fathihah?
      Agama itu bukan sekedar iman oleh hati tapi juga bisa dibuktikan dengan ilmu (akal), bersifat rasional sehingga akhirnya bisa dengan ikhlas diterima oleh hati paling dalam.

      Kami yang celaka? atau anda semua yang celaka? mari kita buktikan nanti..pada akhirnya kita semua akan berkumpul di padang mahsyar setelah kiamat..semoga saja Allah SWT memberikan kita waktu diskusi di sana…soalnya saya ingin mendengar kata-kata anda “ternyata anda dulu benar..saya menyesal tidak benar-benar memahami perkataan anda”

      Lakum dinukum waliyyadiin (bagiku agamaku..bagimu agamamu)

      Wallahu alam bish shawab

      • berkat harefa said

        hai saudara ingat agama tidak menyelamatkan kita, tetapi siapa itu Tuhan yg kita sembah itulah yg menyelamatkan kita. sudahkah sdr yakin dan kenal betul Tuhan yg Anda percayai? dan Tuhan yg mana dan siapa Allah yg sdr sembah itu. ini mungkin perenungan bg kita agar kita mengenal Allah yg benar dan yg hidup.

  36. Edy Sunarto said

    Allah memang SATU, tidak ada iman saudara Kristen se dunia yang menyembah 3 Allah. Bapa, Putra dan Roh Kudus adalah SATU.
    Jadi kita semua masuk neraka jahanam, itu pasti. karena upah dosa MAUT. Namun saya bersyukur dengan mengenal dan cinta Sayyidina Isa AS, saya tertolong nyawa saya, memang Dialah Juru Selamat. walaupun Nabiku pun juga masih minta di doakan. Lalu saya bgaimana ? ternyata banyak kotbah yang bohong jika aku amati sungguh-sungguh ternyata ya Sayyidina Isa AS lah yang Nabi segala Nabi, yang bisa menyelamatkan kita dari neraka jahanam. Tungu apa lagi bro….percaya Sayyidina Isa Almasih AS selamat, ikut yang lain masih diragukan.

    Ini beda yang menyolok setelah sekin lama aku belajar, Sayyidina Isa AS membawa syafaat , Nabiku membawa sholawat.

  37. kakak tua said

    Sama ada Alkitab atau Al;Quran, siapa yang akan datang pada masa penghakiman. Saya tidak jelaskan peribadi Agung itu disini tapi cari dalam kedua-dua di atas. Jadi yang datang semasa penghakiman itu bererti Dialah Allah yang sebenar.

  38. bhendot said

    sorry nih agak menyimpang..bukannya saya mau mencampuri urusan rumah tangga orang lain, tapi sekedar ingin memberikan sedikit pencerahan..

    sudah banyak tanda-tanda seorang manusia adalah ciptaan Allah swt..contoh kecil lihat saja kedua telapak tangan anda kemudian dekatkan..maka kita akan melihat ‘garis tangan’ yang tidak lain adalah angka ^I (tangan kiri) dan I^ (tangan kanan) yang dalam bahasa arab simbol itu merupakan angka 81 (kiri) dan 18 (kanan) yang apabila dijumlahkan anda akan menemukan angka 99 (yang merupakan jumlah nama sifat Allah dalam ajaran Islam).

    Apabila ini belum cukup maka rentangkan telapak tangan anda beserta jarijarinya..apabila kita lihat punggung tangan kanan kita maka sebenarnya kita sedang melihat tulisan arab yang bertuliskan lafazh Allah..sama halnya dengan tangan kiri..(bolak-balik saja telapak tangan anda..anda akan tetap melihat lafazh ‘Allah’ dalam keseharian hidup anda, kecuali maaf, anda tidak memiliki telapak tangan)

    Jika anda masih tidak/kurang percaya maka perhatikan bentuk telinga kita..pada bayi yang baru lahir akan terlihat dengan jalas kupingnya membentuk kata (bahasa arab) yang berlafazhkan nama Allah..kalo gak percaya search aja mbah google atau om tube..

    Wallahualam bish Shawab

  39. Dean Winchester said

    Memang byk sekali kalimat yg menafikan bhw yesus adl Allah. Dari sekian byk manuskrip di Vatican hanya bbrp yg dikemukakan ke publik dan menjadi Al Kitab. Ada apa dng ratusan manuskrip lainnya? Mengapa tdk dipublish?? Kabarnya adl ratusan manuskrip tsb isinya sngt bertentangan dng iman gerejawi, jadi takut akan meruntuhkan iman kristiani jika dipublish.

    Utk yesus tdk sama dng Allah, jelas bhw Al Kitab telah memberitakannya. Hanya waktu nanti yg akan bisa membuktikannya dng terbukanya manuskrip2 dan bukti2 ilmiah lainnya.

    Syalom.

  40. IWONDER said

    Salam.
    Evangel April 14 . 2011 mengatakan Yesus adalah Allah dan ia nyebut juga kata NERAKA. Rupa-rupanya ia percaya adanya neraka.

    Sayang ditulisnya sudah lebih dari satu tahun yang lalu. Dia sendiri mungkin tidak akan baca sanggahan saya Tetapi tidak apa,mungkin berguna bagi orang lain untuk lebih mengenal firman Allah yang sebenarnya.

    Apa yang dikatakan oleh Evangel,bahwa Yesus adalah Allah dan kalau yang dimaksud adalah Allah Bapa,maka ia mengatakan sesuatu yang salah.
    Alkitab dalam Lukas 24:7 mengatakan,bahwa Yesus diabangkitkan dari kematianNya pada hari KETIGA.
    Dan 1 Petrus 3 :18 mengatakan,bahwa Yesus yang telah dibunuh dalam keadaanNya sebagai manusia tetapi telah dibangkitkan MENURUT Roh [makhluk roh]

    Tetapi kalau Yesus YA Allah tetapi juga YA manusia,maka sewaktu
    Yesus mati dibunuh,maka yang mati adalah manusia Yesus,tetapi Allah Yesusnya tidak ikut mati,karena tidak mungkin Allah bisa mati.

    Jadi sewaktu pada HARI Yesus mati dibunuh,maka sudah ada Yesus[makhluk Roh] yang tidak ikut mati. [ingat 1Petrus 3:18]

    Jadi belum juga SEHARI PENUH Yesus mati,Ia sudah bangkit,bakhan TIDAK perlu ada KEBANGKITAN Yesus pada HARI KETIGA,karena yang mati adalah manusia Yesus dan bukan Yesus [makhluk Roh]

    Ingat bahwa Yesus dibangkitkan BUKAN secara jasmani,tetapi menurut 1 Petrus 3:18 Dia dibangkitkan menurut Roh[makhluk Roh]
    Berarti menyalahi Lukas 4:7 yang mengatakan,bahwa Yesus dibangkitkan pada hari KETIGA.
    Maka sama sekali TIDAK mungkin Yesus adalah Allah.
    Yesus adalah Anak Allah.
    Allah Bapa mengatakan:Inilah Anak yang Kukasihi,kepadaNyalah Aku berkenan.

    Juga Lukas 23:43 dimanana Yesus mengatakan kepada si penjahat,bahwa pada hari itu juga ia akan bersama-sama dengan Yesus dalam Firdaus ,yang dipercayai banyak orang kristen,telah menyalahi Lukas24 :7.
    Kalau si penjahat BISA berada dalam Firdaus pada HARI kematian Yesus,maka berarti pada HARI itu juga Yesus harus sudah bangkit,dan bukan pada HARI KETIGA.

    Yang sebenarnya dimaksud adalah : Hari INI saya berkata kepadamu ,bahwa kelak kamu akan bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.

    Evangel juga menyebuat kata “neraka”.Rupa-rupanya ia percaya,bahwa ada orang-orang yang akan dihukum dalam api nereka.

    Roma 6:7 mengtakan: Sebab siapa yang TELAH MATI, ia telah BEBAS dari D O S A. Ini adalah kebenaran Firman Allah.Yoh.17:17 mengatakan firmanMu adalah kebenaran.

    Maka sekarang orang yang sudah BEBAS dari dosanya apakah masih ADA dosanya? Sudah BEBAS dari dosa berarti SUDAH BERSIH dari dosa.

    Jadi sekarang:Mengapa orang yang TIDAK punya DOSA,kok mau dihukum?
    Apakah Allah akan melanggar FirmanNya sendiri?

    Allah TIDAK pernah mengatakan:Karena engkau diambil dari debu,maka engkau akan kembali ke debu dan engakau akan di siksa di dalam api neraka.

    Tidak!!! Mengapa TIDAK? Karena kata “neraka” tidak ada dalam kamusNya.Ia TIDAK mengenal kata itu.

    Maka kata neraka di alkitab PAST suatu terjemahan yang keliru atau memiliki arti yang beda.
    Sekian dulu

  41. IWONDER said

    Untuk memperlihatkan betapa sangat ABSURDnya iman yang mengatakan :YESUS adalah ALLAH dapat dilihat dibawah ini.

    Malaikat memberi tahu kepada Maria,bahwa bayi yang ia akan lahirkan hendaknya diberi nama Yesus.

    Dari sejak bayi namanya Yesus maka,tentunya sejak bayi pun Yesus adalah Allah.

    Jadi Allah yang sangat MAHA MULIA, MAHA KUASA dan MAHA dalam segala hal yang positive,yang telah menciptakan jagad raya cosmic dengan milyaran galaxy dan trliun,triliun,triliunan bintang dan planet-planetnya ,DIBUATNYA begitu rendah. Dikatakan,bahwa bayi,seperti umumnya bayi ,yang suka BERAK danBUANG AIR KECIL di celana itu adalah Allah mereka.

    Bagaimana? Apakah akan munculkan lagi pluluhan ayat untuk menyanggahnya?

    Bayi itu tidak diberi nama Yesus,setelah Ia dewasa,tetapi sejak dilahirkan.

    Maka,bagaimana BISA Yesus itu adalah Allah.

    Karena YESUS B U K A N ALLAH maka,Doktrin Tritunggal juga hasil dari mereka yang mengumpulkan puluhan ayat untuk dapat munculkan ajaran Tritunggal.

    BENAR aja,masa ALLAH berak dan kencing di celana!!!

    Benar pikiran orang yang tidak waras menurut saya.

    Benar-benar MENGHUJAH ALLAH yang MAHA MULIA.

    Berhati-hatilah.Allah YEHUWA TIDAK membiarkan dirinya DIPERMAINKAN.

  42. xx said

    Tidak berkuasa

    “Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri Ku sendiri, …” (Injil – Yohanes 5: 30).

    Dia Tidak Mempunyai Pengetahuan Tentang Hari Kemudian:

    “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malikat di sorga tidak, dan anak pun tidak, hanya Bapa saja.” (Injil – Markus 13: 32).

    Dia Tidak Mengenal Musim:

    “Dan dari jauh ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau ia mendapat apa-apa dari pohon itu. Tetapi waktu ia tiba di situ, ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja; sebab memang bukan musim buah Ara.” (Injil – Markus 11: 13).

    Yesus Sebagai “Tuhan” Yang Haus?

    “… (Yesus) berkata, ‘Aku haus’ “(Injil – Yohanes 19: 28).

    Yesus Sebagai “Tuhan” Yang Menangis?

    “Menangislah Yesus” (Injil – Yohanes 11: 35).
    Ingatlah bahwa ini adalah kalimat terpendek di dalam Injil! (hanya dua kata).

    Bayangkan “Tuhan” Dicoba oleh Iblis (?)

    “… Ia (Yesus) tinggal 40 hari lamanya, dicoba oleh iblis …” (Injil – Markus 1: 13).

    YESUS SEORANG RASIS: Hanya diutus untuk bangsa Yahudi

    “Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria.”
    “Melainkan pergilah kepada domba-domba yang hi-lang dari umat Israel (hanya kepada bangsa Yahudi).” (Injil – Matius 10: 5-6)

    “Jawab Yesus, ‘Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel’ (hanya kepada bangsa Yahudi).”

    “Kemudian perempuan itu (perempuan Kanaan) mendekat dan menyembah Dia sambil berkata, ‘Tuhan, tolonglah aku’.”

    “Tetapi Yesus menjawab, ‘Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.’ (non Yahudi).” (Injil-Matius 15:24-26)

    YESUS (SERBA-SERBI):

    Kedatangan Yesus Yang Kedua Tidak pernah Terwujud:

    “Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, anak manusia (menunjuk kepada dirinya sendiri) sudah datang.” (Injil – Matius 10: 23).

    Murid-murid Yesus melarikan diri dan mereka menghilang, dan telah binasa selama 2000 tahun, dengan tidak ada tanda-tanda kembalinya Yesus.

    Yesus Berbicara Menggunakan Perumpamaan Untuk Menipu Orang Yang Belum Dikenal:

    “… segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan, supaya: Sekalipun mereka melihat, mereka tidak menangkap; sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti; supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun.” (Injil – Markus 4: 11-12).

    Dasar Keimanan Yesus Adalah Rasa Benci:

    “Jikalau seseorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapaknya, ibunya, istrinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.” (Injil – Lukas 26).

    Kontradiksi Petrus dan Yesus Dalam Hal Yesus Sebagai “Satu-satunya Jalan”:

    “Kata Yesus kepadanya, ‘Akulah jalan, kebenaran hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku’. “(Injil – Yohanes 14: 6).

    Bertentangan dengan:

    “Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya, ‘Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia (Allah) dan yang mengamalkan kebenaran, diterima oleh-Nya (Allah).” (Injil – Kisah Para Rasul 10: 34-35).

  43. Revy Winchester said

    Yup Yesus bukanlah Allah,kekristenan menanamkan kekafiran pd wkt kaisar konstatin membuat kristen sbg agama imperiumnya dgn menkonvert ajaran paganisme,doktrin tritunggal lahir krn konstantin

  44. setuju dgn artikelnya ……..

  45. rian said

    hahaha… lucu banget si pada..
    napa gak ngurusin keyakinan masing2 aja sih? kalo agama lo pada benner, gak akan ada perdebatan kaya gini sis & bro. okelah, mungkin masing2 ngerasa kalo agamanya pada benner, tapi yang jadi masalah adalah kalian yg jalaninnya thuu benner apa gak?

    adakah ajaran agama yang mengajarkan untuk saling menghakimi? hanya Tuhan yang berhak untuk menghakimi.

    trus kalo kamu anggap agama kamu benner, so what? mau jeblosin semua oang masuk ke agama lo pada? kalao uda anggap benner, ya udah jalanin aja masing2.. bukannya sibuk ngurusin agama oang lain.

    semuanya akan kembali kepada Allah, tar di sana baru liat siapa bena siapa salah.
    Tuhan hanya berurusan sama pribadi, bukan sama agamanya. kalo mang muslim yg paling benner, bukan berarti kan semua umat muslm benner kan?

    yang perlu adalah, mari benahi setiap kehidupan kita, ingat Kerajaan Allah sudah dekat..

  46. I truly appreciate all of the tough effort you
    have put into keeping this site around for
    all of us. I honestly hope this sticks around
    for a good long time.

  47. Sol said

    I blog as well and I am authoring something similar to this specific posting, Window Treatments For Large Windows “ALLAH BUKAN YESUS | Doktrin Kristen”.

    Do you really mind if I actuallyincorporate a few of your ideas?
    Thanks for your effort ,Rod

  48. Jokowi said

    TRimakasih untuk tulisannya… membuat otak terasah dan tajam menyikapi penyesatan yang datang dari daam sendiri…. seperti Yudas Iskariot… walau diperingatkan tetapi Iblis yang ia dengarkan

  49. Revy Winchester said

    Yeshua Ha’Massiach bukanlah Tuhan,Tuhan brrti sang pencipta,sdgkan yesus diciptakan YHWH kolose 1:15-17….. Tdk ada pmikiran org kristen masa awal utk menyemaratakan Elochim dan Yeshua… Ingat arti kristus alias mesias?YG DIURAPI,brrti siapa yg mngurapinya?klo ada msin wkt saya akan kacaukan koncili nicea yg dipimpin kaisqr kafir CONSTANTINE I…bacalalah Alkitab+Sejarah…Shalom Aleichem

  50. alergi said

    yes us buatan orang2 bule bukan orang yahudi, yg nyebarin kreston ya orang2 bule bukan yahudi
    orang yahudi punya agama sama nabi sendiri yaitu daud, orang yahudi tidak mengakui yes us buatan orang bule eropa haha

  51. ) Find someone that’s already confident in that area and copy them. Of course, you might have options like Fox – Torrent for Firefox as well as the Opera Browser. You can begin to play the DVDs on your large screen LCDs using DVD players.

  52. to2k said

    dalam diri yesus terdapat roh kudus,saya menyebutnya roh suci yaitu roh allah/bapa sendiri yg semua manusia bergantung dan hidup karenanya,roh/nur/cahaya/wajah allah itu sendiri zat yg tak kenal mati. di islam disebut nur muhammad (muhammad artinya terpuji bukan nabi muhammad karna yg kita bahas zat rohkudus /cahaya yg terpuji ) yg di berkati /di urapi oleh allah /bapa, yg dimiliki secara spesial kwalitasnya oleh semua nabi dan rosul ,kita2 hanya bersinar 5 % karena banyak dosa,jadi redup. he.he.he,jadi sangat jelasssss, allah yg esa, menerangkan, menjelaskan,& mengetahui semua yg allah kehendaki melalui roh kudus /nur terpuji itu sendiri ,so perlu di pahami allah adalah yg maha cerdas,firmannya saja penuh dg perumpamaan agar manusia berfikir dan cerdas ,disitulah roh kudus/nur terpuji membimbing kita,tak peduli kita kaum nasrani,mayusi,yahudi maupun muslim ,masing -masing kaum menafsirkan hakekat roh kudus/nur terpuji ini,mencari kebenaran misteri qoib ini dg bermacam sebutan(karena tak nampak, tapi terasa keberadaannya ) saya pastikan akal tak mampu mencarinya,karena akal hanya sebatas pemicunya,roh itu sendiri yg akan menerangkannya dg catatan sudah bersinar minimal 60 % makanya jangan sok pintar,jangan suka bohong karena itu semua kerja akaaall

  53. hamba allah said

    bodoh kalian
    allah memberi keyakinan pada diri kita
    terus kenapa kalian tidak memakai keyakinan dalam berfikir
    sebenarnya apa yang kalian sembah itu benar tapi kalian tidak tau kebenarannya seperti apa
    lakukanlah dan jalankanlah apa yang sudah kalian yakinkan
    untuk orang @nasrani kalaw kalian yakin yesus itu tuhan kalian yaudah teruslah sembah tuhanmu dengan keyakinanmu tidak perlu dipermaslahkan dengan isi artikelnya
    sebagaimanapun orang @islam kita diajarkan untuk tidak menghina ataupun mencaci orang lain telah diajarkan agama kita untuk menghargai orang lain dan tidak untuk menyakiti orang lain saya sebagai orang muslim berharap penuh kepada orang nasrani jangan saling menghina tuhan yak
    saling jaga persaan ingat loh mulutmu adalah senjatamu !!
    artikel ini hanya digambarkan untuk orang islam bahwa tuhan kita bukan yesus karnatelah banyak kita pelajari agama dari bangku sekolah
    karna telah tertampak jelas bahwa tuhan itu menciptakan bukan diciptakan sedangkan yesus itu diciptakan !!
    terus saya ada tambahan sedikit untuk orang nasrani yak
    #(yesus) itu tuhan kalian kan yang segala*nya buat kalian terus kalian hanya manusia kok kalian bisa hidup kenapa tuhan kalian mati bearti umat kalian yang masih hidup itu lebih hebat daripada tuhan kalian kan kalian aja hidup kok tuhannya mati yak !!! sedangkan tuhankan kalian bisa menolong orang yang sakitt bisa jadi sembuh yang miskin bisa jadi kaya terus kenapa dia tidak bisa menolong dirinya sendiri !!!

    • mb said

      anda tadi bilang jangan menghina…. tapi akhirnya menghina juga….. cape dech…..

  54. Jodie666 said

    Tuhan yang disembah adalah Yesus, alasannya…

    1. YESUS (1) adalah Allah (2) adalah Roh Kudus (3), karena ke-3tiganya adalah 1 dan tak terpisahkan.
    2. ALLAH (1) adalah Yesus(2) adalah Roh Kudus (3), karena ke-3tiganya adalah 1 dan tak terpisahkan.
    3. ROH KUDUS (1) adalah Allah (2) adalah Yesus (3), karena ke-3tiganya adalah 1 dan tak terpisahkan.

    KEPRIBADIAN :
    1. BAPA ALLAH adalah Anak Allah adalah Yesus adalah Roh Kudus
    2. ANAK ALLAH adalah Yesus adalah Bapa Allah adalah Roh Kudus
    3. ROH KUDUS adalah Bapa Allah adalah Anak Allah adalah Yesus
    * tambahan : Bunda Maria adalah Ibunda Yesus adalah Ibunda Anak Allah adalah Ibunda Bapa Allah adalah Ibunda Roh Kudus, karena ke-3tiganya adalah 1 dan tak terpisahkan.
    FYI : Anak dan Bapak tidak akan pernah ada tanpa Ibu yang melahirkan, artinya…..

    *mikir sampe kerasukan…. ( ._.)

    • atmo said

      Doktrin yang aneh.. Apa tdk brfikir? Doktrin itu, Dasarnya apa? Yang mengeluarkan pertama, siapa? Ada tidak kesesuaian dengan alkitabnya.. Ya dikajilah injilnya.. Kajilah kata2 Tuhanmu.. Kalo hanya doktrin pendeta, pendeta juga manusia.. Bisa ketempatan salah juga.. Kalo kata manusia lebih di dengar daripada kata2 Tuhanmu dalam kitabmu.. Kalo kita tidak tahu jalan, Bertanyalah pada manusia yang tahu jalan, biar tidak tersesat,. Lihatlah sudut pandang yang lain biar luas pandangannya.. Kalo dikasih kacamata kuda ya.. Nurut kusir dong.. Semoga menjadi manusia yang cerdas dalam bersikap..

      • mb said

        semoga “kita” semua menjadi manusia yang cerdas dlm bersikap

  55. Sunaryo said

    Aku hanya menjawab Admin. yang bikin web. ini.
    Penjelasan kamu tentang Yesus bukan Allah / Bapa….itu sudah dijawab Yesus, 2000(+) tahun yang lalu!
    Dulu itu-pun banyak murid-murid Yesus bertanya, diantaranya adalah murid yang bernama Filipus…silakan baca INJIL;Yoh 14:8-14.
    Aku tidak tuliskan Firman-Nya! Ini demi kebaikan Admin.Supaya banyak membaca Injil…dan selanjutnya, tidak buat malu diri sendiri,membuat web. tapi kurang pengetahuan Alkitab.
    Baca-lah Alkitab /Taurat dan INJIL/ seluruhnya, jangan loncat-loncat! contek sini-sono!
    Demi keselamatan kekal yang akan Admin. terima dari Yesus, belajar lah Alkitab/ Taurat dan Injil itu / sampai selesai! Gbu.

    Salam,
    Sunaryo

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: